July 19, 2024

Jadwal MPASI 6 Bulan: Kapan dan Bagaimana Memulainya dengan Benar

3 min read

Memulai Makanan Pendamping ASI (MPASI) pada bayi usia 6 bulan merupakan tonggak penting dalam perkembangan mereka. Pada usia ini, ASI saja sudah tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi yang semakin meningkat. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mengetahui kapan dan bagaimana memulai MPASI dengan benar agar bayi mendapatkan nutrisi yang optimal. Berikut ini adalah panduan lengkap mengenai jadwal MPASI 6 bulan dan cara memulainya.

Kapan Memulai MPASI?

Menurut rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), MPASI sebaiknya dimulai saat bayi berusia 6 bulan. Pada usia ini, sistem pencernaan bayi sudah lebih matang dan siap menerima makanan padat. Selain itu, beberapa tanda kesiapan bayi untuk memulai MPASI meliputi:

1. Kemampuan Duduk dengan Dukungan

Bayi sudah bisa duduk dengan sedikit bantuan atau tanpa bantuan.

2. Kepala Tegak

Bayi bisa menahan kepalanya dengan tegak dan stabil.

3. Refleks Ekstrusi Berkurang

Bayi tidak lagi mendorong makanan keluar dari mulutnya dengan lidah.

4. Menunjukkan Ketertarikan pada Makanan

Bayi terlihat tertarik dengan makanan yang Anda makan dan mungkin mencoba meraih makanan tersebut.

Jadwal MPASI Awal

Memulai MPASI sebaiknya dilakukan secara bertahap dan disesuaikan dengan jadwal makan bayi yang sudah terbiasa. Berikut adalah contoh jadwal MPASI untuk bayi 6 bulan:

  • Pagi (08:00 – 09:00): ASI atau susu formula
  • Siang (12:00 – 13:00): ASI atau susu formula + MPASI (bubur atau puree)
  • Sore (16:00 – 17:00): ASI atau susu formula
  • Malam (20:00 – 21:00): ASI atau susu formula

Pada awalnya, pemberian MPASI dilakukan satu kali sehari. Setelah bayi terbiasa, secara bertahap ditingkatkan menjadi dua kali sehari, dan akhirnya tiga kali sehari. Pastikan tetap memberikan ASI atau susu formula sebagai sumber utama nutrisi bayi.

Bagaimana Memulai MPASI dengan Benar

1. Pilih Makanan Pertama yang Tepat

Mulailah dengan makanan yang lembut, mudah dicerna, dan memiliki risiko alergi yang rendah. Beberapa pilihan makanan pertama yang baik untuk bayi meliputi:

  • Bubur beras
  • Puree wortel
  • Puree kentang
  • Puree labu kuning
  • Puree pisang
  • Puree alpukat

2. Perkenalkan Satu Jenis Makanan pada Satu Waktu

Saat memulai MPASI, perkenalkan satu jenis makanan baru setiap 3-5 hari sekali. Ini membantu Anda mengidentifikasi jika bayi memiliki alergi atau intoleransi terhadap makanan tertentu.

3. Perhatikan Tekstur Makanan

Pada tahap awal, pastikan tekstur makanan sangat halus dan lembut. Anda bisa menggunakan blender atau saringan untuk menghaluskan makanan. Seiring waktu, Anda bisa memperkenalkan tekstur yang lebih kasar sesuai dengan kemampuan makan bayi.

4. Jangan Tambahkan Garam atau Gula

Hindari menambahkan garam, gula, atau bumbu lainnya pada makanan bayi. Biarkan bayi merasakan rasa alami dari makanan.

5. Jaga Kebersihan

Pastikan semua peralatan makan dan bahan makanan yang digunakan untuk membuat MPASI dalam kondisi bersih dan higienis. Ini penting untuk menghindari risiko infeksi atau gangguan pencernaan.

Tips dalam Pemberian MPASI

  1. Buat Suasana Makan yang Menyenangkan:
    • Ajak bayi duduk di kursi makan yang nyaman dan aman.
    • Berikan makanan dengan perlahan dan biarkan bayi menikmati proses makan.
  2. Perhatikan Respons Bayi:
    • Setiap bayi unik dan memiliki preferensi makanan yang berbeda. Perhatikan reaksi bayi terhadap makanan yang diberikan.
    • Jika bayi menolak makanan atau menunjukkan tanda-tanda ketidaknyamanan, cobalah makanan lain atau tunggu beberapa hari sebelum mencobanya kembali.
  3. Berikan Camilan Sehat:
    • Setelah bayi terbiasa dengan makanan utama, Anda bisa memperkenalkan camilan sehat seperti potongan buah yang lunak atau biskuit bayi.
  4. Tetap Berikan ASI atau Susu Formula:
    • ASI atau susu formula tetap menjadi sumber utama nutrisi bayi hingga usia 12 bulan. MPASI hanya sebagai pelengkap.

Memulai MPASI pada usia 6 bulan adalah langkah penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi. Dengan mengikuti jadwal dan cara pemberian yang tepat, Anda dapat membantu bayi mendapatkan nutrisi yang optimal serta mengenalkan mereka pada berbagai rasa dan tekstur makanan. Selalu perhatikan kebersihan, respons bayi terhadap makanan, dan tetap berikan ASI atau susu formula sebagai sumber utama nutrisi. Dengan pendekatan yang tepat, MPASI dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan bermanfaat bagi bayi dan orang tua.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.